Jumat, 31 Agustus 2012

Expressing a possibility in English/ Mengekspresikan kemungkinan di dalam bahasa Inggris FOR CLASS XI IPS Semester 1 ENGLISH


Expressing a possibility

(Source: Sudarwati, M. Look Ahead. Bandung: Erlangga.)

(A)  Asking about possibility/ probability:

Ø  Is it possible to see Mount Merapi from here?


Ø   There any possibilityof selling everything today?


Ø  What possibility is there that theyre still alive?


Ø  Can you come to my house tomorrow afternoon?


Ø  Will  you be able to stop by the post office on the way home?


Ø  Is there any chance they will meet and marry?


Ø  What will probably happen to the main character?


Ø  Would it be possible for us to get free meals like this everyday?


(B)  SStating possibility:

Ø  Maybe.


Ø  Perhaps.


Ø  Could be.


Ø  It’s possible.


Ø  They may be.


Ø  I might meet him.


Ø  There’s a good possibility.


Ø  It’s very likely.


Ø  There’s a big chance.


Ø  There’s a chance.


IN INDONESIAN (with google translate English-indonesian):

Mengekspresikan kemungkinan

(Sumber: SudarwatiM. Look Ahead Bandung:. Erlangga.)

(A) Bertanya tentang kemungkinan / probabilitas:

 Apakah mungkin untuk melihat Gunung Merapi dari sini?


 Ada ada possibilityof menjual segala sesuatu hari ini?


 Apa yang kemungkinan adalah ada theyre yang masih hidup?


 Dapatkah Anda datang ke rumah saya besok sore?


 Anda akan mampu untuk menghentikan oleh kantor pos dalam perjalanan pulang?


 Apakah ada kemungkinan mereka akan bertemu dan menikah?


 Apa yang mungkin akan terjadi pada tokoh utama?


 Apakah mungkin bagi kita untuk mendapatkan makanan gratisseperti ini setiap hari?


(B) kemungkinan SStating:

 Mungkin.


 Mungkin.


 Bisa jadi.


 Itu mungkin.


 Mereka mungkin.


 Saya bisa bertemu dengannya.


 Ada kemungkinan yang baik.


 Ini sangat mungkin.


 Ada kesempatan besar.


 Ada kesempatan.

Expressing wonder (curiosity) in English/ Mengekspresikan heran (keingintahuan) dalam bahasa Inggris FOR CLASS XII IPS Semester 1 English


Expressing wonder (curiosity) in English

(Source: Sudarwati, M. Look Ahead. Bandung: Erlangga.)

Expressing wonder (curiosity)

(A)  Asking about thoughts/ feelings:

Ø  How do you feel about it?


Ø  What are you thinking about?


Ø  You have something on your mind?


Ø  What are you looking so serious about?


Ø  Is something bothering you?


Ø  Is there anything you want to talk about?


Ø  Want to talk about it?


Ø  Are you O. K.?


Ø  Are you worried about something?


(B)  Expressing wonder

Ø  I wonder at her rudeness.


Ø   Wonder how he can come here after what happened.


Ø  I really wonder if he loves somebody younger.


Ø  I’m just wondering if she knows how much I love her.

Ø   I Wonder who she is.

Ø  I was just wondering how to do it.

Ø   I don’t wonder after the treatment she had.

Ø  I wonder if I can fly to that cloud.


Example for text:

Janoko                  : I wonder if I could fly into the clouds.

Jembeng             : Why not?

Janoko                  : Do you think I could?

Jembeng             : Janoko, are you O. K.? You look a little depressed about something ....

Janoko                  : I’m sorry. It’s nothing. I’m just wondering.

Jembeng             : oh, really? C’mon. you can tell me. A penny for your thoughts.

Janoko                  : I am just thinking about our plan to see my parents.

Jembeng             : are you worried about it?

Janoko                  : No, not really worried.

Jembeng             :really? Then how do you feel about it?

Janoko                  : I’m just wondering what my parent’ reaction will be ….

Jembeng             : you are worried about it, aren’t you?

Janoko                  : Uhmmm… I’ve told you before. They’re a little strange.


IN INDONESIAN (with google translate English-indonesian):

Mengekspresikan heran (keingintahuan) dalam bahasa Inggris

(Sumber: SudarwatiM. Look Ahead Bandung:. Erlangga.)

Mengekspresikan heran (keingintahuan)

(A) Bertanya tentang pikiran / perasaan:

 Bagaimana perasaan Anda tentang hal itu?


 Apa yang Anda pikirkan?


 Anda memiliki sesuatu di pikiran Anda?


 Apa yang Anda cari begitu serius?


 Apakah sesuatu yang mengganggu Anda?


 Apakah ada sesuatu yang ingin Anda bicarakan?


 Ingin membicarakannya?


 Apakah Anda O. K.?


 Apakah Anda khawatir tentang sesuatu?


(B) Mengekspresikan heran

 Saya bertanya-tanya pada kekasaran nya.


 Bertanya-tanya bagaimana ia bisa datang ke sini setelah apa yang terjadi.


 Saya benar-benar heran jika ia mencintai seseorang yang lebih muda.


 Aku hanya bertanya-tanya apakah dia tahu betapa akumencintainya.

 I Wonder siapa dia.

 Aku hanya ingin tahu bagaimana melakukannya.

 Saya tidak heran setelah pengobatan dia.

 Aku ingin tahu apakah saya bisa terbang ke awan itu.


Contoh untuk teks:

JanokoAku ingin tahu apakah aku bisa terbang ke awan.

JembengMengapa tidak?

JanokoApakah Anda pikir aku bisa?

JembengJanokokau O. K.Kau tampak sedikit tertekan tentang sesuatu ....

JanokoMaafkan akuBukan apa-apaAku hanya bertanya-tanya.

Jembengohbenar-benar? C'monAnda dapat memberitahu saya.Sebuah penny untuk pikiran Anda.

JanokoSaya hanya berpikir tentang rencana kami untuk melihatorang tua saya.

JembengAnda khawatir tentang hal itu?

JanokoTidaktidak benar-benar khawatir.

Jembengbenar-benar? Lalu bagaimana perasaan Anda tentang hal itu?

JanokoSaya hanya ingin tahu apa reaksi orang tua saya akan ....

JembengAnda khawatir tentang hal itubukan?

JanokoUhmmm ... Saya sudah bilang sebelumnyaMereka sedikit aneh.



Expressing a promise in English/ Mengekspresikan janji dalam bahasa Inggris FOR CLASS XII IPS Semester 1 ENGLISH


Expressing a promise in English

(Source: Sudarwati, M. Look Ahead. Bandung: Erlangga.)

(A)  Asking for a promise:

Ø  Promise me that you will get me all the water that I  can drink.


Ø  O you promise to take care of the bird if we get one?


Ø  Make me a promise, won’t you?


Ø  I want you to promise that you’ll love me forever.


Ø  Is that a promise?


Ø  Do you give me your word on that?


Ø  O you swear that you won’t forget me?


(B)  Offering a promise:

Ø  I promise I’ll do whatever you want.


Ø  I promise you that I’ll try to be on time next time.


Ø  I promise to love you endlessly.


Ø  It’s a promise.


Ø   I give you my word on that.


Ø  You have my word on it.


Ø  I swear that my love is only for you.


IN INDONESIAN (with google translate English-indonesian):

Mengekspresikan janji dalam bahasa Inggris

(Sumber: SudarwatiM. Look Ahead Bandung:. Erlangga.)

(A) Meminta janji:

 Berjanjilah padaku bahwa Anda akan mendapatkan saya semuaair yang saya bisa minum.


 O Anda berjanji untuk mengurus burung jika kita mendapatkan satu?


 Buatlah aku janjitidak akan Anda?


 Saya ingin Anda berjanji bahwa Anda akan mencintaikuselamanya.


 Apakah itu janji?


 Apakah Anda memberi saya kata-kata Anda itu?


 O Anda bersumpah bahwa Anda tidak akan melupakan aku?


(B) Menawarkan janji:

 Aku berjanji aku akan melakukan apa pun yang Anda inginkan.


 Saya berjanji kepada Anda bahwa saya akan mencoba untuk tepat waktu lain kali.


 Saya berjanji untuk mencintaimu tanpa henti.


 Ini janji.


 Saya memberikan kata-kata saya itu.


 Anda memiliki kata-kata saya di atasnya.


 Saya bersumpah bahwa cinta saya hanya untuk Anda.



Example Narrative text in English/ Contoh Narasi teks dalam bahasa Inggris FOR CLASS XII IPS Semester 1 ENGLISH


Example Narrative text in English

(Source: Sudarwati, M. Look Ahead. Bandung: Erlangga.)


The Goose with the Golden Eggs


Well, here is the story. One day country man was going to the nest of his goose and found there was an egg yellow and glittering. When he took it up, it was as heavy as lead and he was going to throw it away, because he thought a trick had been played upon him. But he took it home on a secoun thought, and soon foun to his delight that it was an egg. Every morning the occurred and he soon became rich by selling its eggs. As he grew rich he grew greedy and thought to get at once son the goose could give. He killed the goose and opened it: only to find nothing.

(Adapted from: ‘Learning from life’, Aesop’s Fables)

The Faithful Lovers

The following story will be special for each of you who want to know the real meaning of love.

Hmm, there once lived a chief’s daughter who had many admirers. All the young men in the village wanted to have her for a wife and were all eager to fill her skin bucket when she went to the brook for water.

There was a young man in the village. He was a good hunter but he was poor and had a mean family. He loved the maiden and wished he could marry her. So, one day when she went for water, he threw his robe over her head while he whispered in her ear: “Will you marry me?”

For a long time the maiden acted as if she hadn’t heard anything, but one day she whispered back telling that she would be willing to marry him if he took a scalp.

So he made a  war party of seven, himself and six other young men. Before they started, they sat down to smoke and rest beside a beautiful lake at the foot of a green knoll that rose from its shore. The knoll was convered with green grass and somehow as they looked at it they had a feeling that there was something about it that was mysterious and uncanny.

One of the lover’s friends was so curious about it that he ventured into the knoll. Four of the young men followed. Having reached to the top of the knoll, all five began to jump and stamp about in sport.
But, suddenly they stopped. The knoll had begun to move toward the water. It was a gigantic turtle! The five men cried out in alarm and tried to run, but it was too late! They cried; but the others could do nothing. In just a few moments, the waves had closed over them.

The other two men: the lover and his friend, went on, but with heavy hearts. After some days, they came to a river. Worn out with fatigue, the lover threw himself down on the bank. Fortunately, the lover’s friend came to help him.

The following day, his friend told him that he found a fish which he had cleaned and asked him to eat the fish together. The lover said that if he ate the fish, his friend had to promise to fetch him all the water that he could drink. When they had eaten, the kettle was rinsed out and the lover’s friend brought it back with full of water. The lover drank the water at a draught. Again his friend filled the kettle at the river and again the lover drank it dry but still aksed for more water. The lover’s friend then took the lover to the river. When the lover saw the river, he walked to the river, sprang in, and lying down in the water with his head toward land, drank greedily.

Then, he called out his friend. The  friend came and was amazed to see that the lover was now a fish from his feet to his middle. Sick at heart he ran off a little away and threw himself upon the ground in grief. After awhile, he returned to find that the lover was now a fish up to his neck.

The friend went home and told his story. There was great mourning over the death of the five young men and for the lost lover. In the river, the lover had become a great fish and its fin was just above the surface. Canoes had to be portaged at great labor around the obstruction.

Meanwhile, the chief’s daughter mourned for her lover as for a husband and nobody could comfort her. Day by day, she sat inside her mother’s tepee with her head covered with her robe, silent, working, and working. Whenever her mother asked, the maiden did not reply.

They days lengthended into moons until a year had passed. And then the maiden arose. She left her mother’s tepee with holding lots of things in her hands. The were three pairs of moccasins, three pairs of leggings, three belts, three shirts, three head dresses with beautiful feathers and sweet smelling tobacco.

One day she had a new canoe made. Then, the next morning she stepped into the canoe and floated slowly down the river toward the great fish. Her canoe came and stopped to the place where the great fin arose. One by one she laid her presents on the fish’s back, scattering the feathers and tobacco over his broad spine.

“oh, fish,” she cried, “oh, fish you who were my lover, I shall not forget you. Because you were lost for love of me, I shall neer marry. All my life I shall remain a widow. Take these present. And now leave the river, and let the waters run free, so my people may once more descend in their canoes. “Slowly the great fish sank, his broad fin disappeared and the waters on the St. Croix (Stillwater) were free.

(adapted from: Encarta Reference Library, 2005)


IN INDONESIAN (with google translate English-indonesian):

Contoh Narasi teks dalam bahasa Inggris
(Sumber: Sudarwati, M. Look Ahead Bandung:. Erlangga.)

The Goose dengan Golden Telur

Nah, di sini adalah cerita. Suatu hari seorang pria negara akan sarang angsa dan menemukan ada kuning telur dan berkilauan.Ketika ia mengambilnya, itu berat seperti timbal dan ia akan membuangnya, karena dia pikir trik telah dimainkan kepadanya.Tapi dia membawanya pulang pada pikiran secoun, dan segera foun untuk menyenangkan bahwa itu adalah telur. Setiap pagi terjadi dan ia segera menjadi kaya dengan menjual telur-telurnya.Saat ia menjadi kaya ia tumbuh serakah dan berpikir untuk mendapatkan anak sekaligus angsa bisa memberikan. Dia membunuh angsa dan membukanya: hanya untuk menemukan apa-apa.
(Diadaptasi dari: 'Belajar dari kehidupan', Fabel Aesop)
Para Pecinta Setia
Kisah berikut akan khusus untuk setiap anda yang ingin mengetahui arti sebenarnya dari cinta.
Hmm, ada pernah tinggal seorang putri kepala suku yang memiliki banyak pengagum. Semua pria muda di desa ingin memiliki dia untuk istri dan semua bersemangat untuk mengisi ember kulitnya ketika ia pergi ke sungai untuk air.
Ada seorang pemuda di desa. Dia adalah seorang pemburu yang baik tapi dia miskin dan memiliki keluarga berarti. Dia menyukai gadis dan berharap dia bisa menikahinya. Jadi, suatu hari ketika dia pergi untuk air, ia melemparkan jubahnya di atas kepalanya sambil berbisik di telinganya: "Maukah kau menikah denganku?"
Untuk waktu yang lama gadis bertindak seolah-olah dia tidak mendengar apa-apa, tapi satu hari ia berbisik mengatakan bahwa ia akan bersedia menikah dengannya jika dia mengambil kulit kepala.
Jadi dia membuat pesta perang tujuh, dirinya dan enam laki-laki muda lainnya. Sebelum mereka mulai, mereka duduk untuk merokok dan beristirahat di samping sebuah danau yang indah di kaki sebuah bukit hijau yang naik dari pantai tersebut. Knoll ini convered dengan rumput hijau dan entah bagaimana ketika mereka melihat itu mereka memiliki perasaan bahwa ada sesuatu tentang hal yang misterius dan luar biasa.
Salah satu teman sang pencinta begitu penasaran tentang hal itu bahwa ia berkelana ke bukit. Empat dari para pemuda diikuti.Setelah mencapai puncak bukit tersebut, semua lima mulai melompat dan cap sekitar dalam olahraga.Tapi, tiba-tiba mereka berhenti. Knoll sudah mulai bergerak menuju air. Itu adalah kura-kura raksasa! Kelima orang berteriak panik dan mencoba lari, tapi sudah terlambat! Mereka menangis, tapi yang lain bisa berbuat apa-apa. Hanya dalam beberapa saat, gelombang telah ditutup atas mereka.
Dua lainnya laki-laki: kekasih dan temannya, pergi, tapi dengan berat hati. Setelah beberapa hari, mereka datang ke sungai.Sangat lelah, kekasih melemparkan dirinya ke bank. Untungnya, teman kekasih datang untuk membantu dia.
Keesokan harinya, temannya bercerita bahwa ia menemukan seekor ikan yang telah dibersihkan dan memintanya untuk makan ikan bersama-sama. Pencinta mengatakan bahwa jika ia makan ikan, temannya harus berjanji untuk menjemputnya semua air yang dia bisa minum. Ketika mereka makan, ketel dibilas keluar dan teman kekasih membawanya kembali dengan penuh air. Kekasih minum air di draft. Sekali lagi temannya mengisi ketel di sungai dan lagi kekasih minum kering tapi masih aksed untuk lebih banyak air.Temannya kekasih kemudian membawa sang kekasih ke sungai.Ketika sang kekasih melihat sungai, ia berjalan ke sungai, melompat masuk, dan berbaring di air dengan kepala ke arah tanah, minum rakus.
Kemudian, dia memanggil temannya. Teman datang dan kagum melihat bahwa kekasihnya itu sekarang ikan dari kakinya ke tengah nya. Sakit di hati ia berlari agak jauh dan melemparkan tubuhnya ke tanah dalam kesedihan. Setelah beberapa saat, ia kembali untuk menemukan bahwa kekasihnya itu sekarang ikan sampai ke lehernya.
Temannya pulang ke rumah dan menceritakan kisahnya. Ada besar berkabung atas kematian lima orang muda dan untuk kekasih yang hilang. Di sungai, kekasih telah menjadi ikan besar dan sirip yang berada tepat di atas permukaan. Kano harus portaged pada tenaga kerja besar di sekitar obstruksi.
Sementara itu, putri kepala suku meratapi kekasihnya sebagai seorang suami dan tidak ada yang bisa menghiburnya. Hari demi hari, dia duduk di dalam tepee ibunya dengan kepala ditutupi dengan jubahnya, diam, bekerja, dan bekerja. Setiap kali ibunya bertanya, gadis tidak menjawab.
Mereka hari lengthended ke bulan sampai satu tahun berlalu. Dan kemudian gadis itu muncul. Dia meninggalkan tepee ibunya dengan memegang banyak hal di tangannya. Yang tiga pasang sepatu sandal, tiga pasang legging, tiga sabuk, tiga kemeja, gaun kepala tiga dengan bulu yang indah dan tembakau berbau manis.
Suatu hari ia punya perahu baru dibuat. Kemudian, keesokan harinya ia melangkah ke dalam sampan dan melayang perlahan menyusuri sungai menuju ikan besar. Kano nya datang dan berhenti untuk tempat sirip besar muncul. Satu per satu ia meletakkan hadiah punggungnya ikan, hamburan bulu-bulu dan tembakau lebih tulang yang lebar.
"Oh, ikan," serunya, "oh, ikan Anda yang kekasih saya, saya tidak akan melupakan Anda. Karena Anda hilang karena cinta padaku, aku akan neer menikah. Sepanjang hidupku aku akan tetap menjanda. Ambil hadir tersebut. Dan sekarang meninggalkan sungai, dan membiarkan air mengalir bebas, sehingga orang mungkin sekali lagi saya turun di kano mereka. "Perlahan ikan besar tenggelam, sirip yang luas nya menghilang dan perairan di St Croix (Stillwater) bebas.
(Diadaptasi dari: Encarta Reference Library, 2005)

Perdagangan dan Pelayaran pada Masa Kuno/ Trade and Shipping in Ancient Period FOR JUNIOR HIGH SCHOOL HISTORY


Perdagangan dan Pelayaran pada Masa Kuno

(Sumber: Suparman. 2003. IPS Sejarah. Surakarta: Tiga Serangkai.)

Perdagangan akan membuka hubungan lalu lintas antarnegara di dunia. Dengan perdaganglah maka berabad-abad sebelum Masehi sudah ada hubungan antara Dunia Timur dan Barat. Dunia Timur yang kaya rempah-rempah dapat memenuhi kebutuhan Negara-negara Barat, seperti lada, pala, jahe, cengkeh, kayu manis dan kemenyan. Begitu pula sebaliknya.

(A)  Jalur perdagang Kuno di Asia (Jalan Sutra) beserta Barang Dagang dan Alat angkutnya. Sejak sebelum permulaan tahun Masehi di Asia sudah berkembang hubungan dagang antara Asia Timur (Cina) dengan India dan Cina dengan Asia Tengah (Asia Barat). Jalur yang ditempuh oleh para pedagang Cina disebut Jalan Sutra. Disebut Jalan Sutra karena komiditas dagang utama mereka adalah sutra. Jalur yang mereka tempuh adalah dari darat dan laut. Rute jalur darat adalah Cina, Asia Tengah, India dan Asia Barat. Jalur sutra yang kedua adalah yang melalui laut dan merupakan kelanjutan dari jalan Sutra darat, yaitu jalur perdagangan laut dari Teluk Persia sampai Laut Merah. Selain itu, juga perdagangan melalui laut dari Teluk Benggala, India sampai ke Teluk Persia. Melalui jalan Sutra tersebut para pedagang membawa barang dagangan dari Dunia Timur melalui Benua Asia menuju ke Asia Barat. Para pedagang tersebut menggunakan sarana transportasi berupa binatang unta untuk mengangkut barang dagangan menyusuri Jalan Sutra di tengah padang pasir di Asia menuju ke Asia Barat. Hubungan antara Negeri Cina dan India dimulai pada zaman Dinasti Han (206 SM-221 M). Pada zaman pemerintahan Kaisar Han Wu Ti, tahun 138 SM dikirm seorang utusan yang bernama Tsyang Tsj’in untuk menjalin persahabatan dengan bangsa Yue Tys, yaitu suku bangsa rumpun Indo-Jerman yang berkedudukan di sebelah utara Tibet. Perutusan itu sendiri gagal mencapai tujuan, tetapi sejak itu banyak pedagang Cina pergi ke India dan Asia Tengah melalui celah antara daerah Yunan dan Myanmar. Hubungan awal yang mereka bina bercorak militer dan perdagangan. Pada zaman itu sudah dikenal dua jalan sutra melalui Padang Pasir Gobi, yaitu jalan utara melalui Turfan dan jalan selatan melalui Khotan dan Yarkand. Hubungan dengan India terjadi lebih intensif sesudah agama Budha memasuki Cina. Mungkin sekali masuknya agama Budha ke Cina melalui para pedagang dan tentara yang ikut berperang di daerah Asia Tengah dan perbatasan India. Barang dagangan Cina adalah bahan sutra halus, kulit binatang berbulu dan kayu manis. Barang dagang bangsa India seperti gelas, permata, gading dan kain dari bahan wol halus serta lena. Selain dengan India, CIna juga menjalin hubungan dagang dengan Romawi Kuno (Ta Tsin) pada awal tahun Masehi dengan barang dagangan berupa sutra. Barang-barang lainnya yang dijual bangsa Cina adalah kaneel yang dipakai untuk obat, minuman, wangi-wangian dan juga beberapa jenis benda logam, sedangkan di Negeri Cina membeli bermacam-macam benda dari Romawi Kuno, seperti gelas minuman, perhiasan dan bahan pakaian wol. System perdagangan waktu itu masih berpindah-pindah tangan atau perdagangan berantai. Khafilah dari Cina diangkut oleh pedagang Parthia dengan unta dan kuda. Barang dari dunia Timur ini diangkut ke daerah perdagangan di Pantai Laut Tengah melalui Mespotamia. Dari Pantai Laut Tengah barang itu diangkut ke Palmyra dan kota Bandar di Pantai Timur Laut Tengah melalui Gurun Syria. Di tempat ini barang berpindah tangan lagi kepada pedagang Funisia yang mengangkut dan mengedarkan secara luas ke negeri di sekeliling perairan Laut Tengah. Alat pengangkutan yang mereka gunakan masih sangat terbatas, yaitu perahu kecil, unta dan kuda.


(B)  Jalur perdagangan Laut Asia Barat dengan Asia Tenggara dan Asia Timur (Cina), Pusat-pusat perdagangan dan barang dagangannya. Sejak awal tahun Masehi sudah berkembang hubungan perdagangan yang ramai antara dunia barat dan dunia Timur, yaitu antara Kekaisaran Romawi Kuno dan Kerajaan Cina melalui jalan laut. Pada awal Masehi kedua kerajaan masing-masing mencapai zaman gemilang. Romawi Kuno di bawah kekuasaan Kaisar Octavianus Augustus dan di pihak lain Negeri Cina pada masa kekuasaan Dinasti Han. Pada awal tahun Masehi itu, para pelaut dunia telah mengenal dan dapat memanfaatkan angin musim dalam perjalanan pelayarannya. Mereka tidak perlu lagi berlayar menyusuri pantai. Diseberangilah Samudera Hindia dalam pelayaran mereka dari Laut Merah dan Teluk Persia ke India dan Selat Malaka dengan menggunakan angin musim barat daya. Dari Selat Malaka para pedagang Barat melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Annam. Bahkan, para pedagang Barat yang sampai di Pelabuhan Annam perbah menghadap Kaisar Cina sebagai utusan Raja Ta-tsin (Romawi Kuno) yang bernama Antu (mungkin Mareus Aurelius). Berkembangnya hubungan dagang melalui jalur laut antara Asia Barat dan Asia Timur pada saat itu disebabkan terjadinya peperangan di Asia Tengah sehingga jalur perdagangan darat antara Asia Barat dan Asia Timur yang melewati Asia Tengah (Jalan Sutra) terputus. Pada tahun berkutnya semakin sering didengar kabar tentang kedatangan pedagang Romawi Kuno di Cina. Hal itu menunjukkan bahwa semakin banyak kapal yang berlayar dari Teluk Persia ke Cina melalui Selat Malaka. Pada tahun 226 Masehi ada pedangang Romawi Kuno yang sampai di Nanking melalui Tonking. Selanjutnya, pada bagian kedua abad ketiga, rupanya para pedagang yang datang dari laut tidak hanya puas berhenti di Tonking, tetapi mereka meneruskan pelayaran ke Kanton. Pada abad ketiga sudah banyak orang Barat di di Kanton, hal itu menunjukkan sudah berkembangnya jalur perdagangan laut antara Asia Barat, Asia Tenggara dan Asia Timur. Hubungan perdagangan di Asia terjalin juga antara Indonesia dengan India dan Indonesia dengan Cina. Sebelum terjadi hubungan dagang dengan Cina, Indonesia sudah menjalin hubungan dagang dengan India. Hal ini di sebabkan system angin di Indonesia lebih memudahkan pelayaran ke India dan Persia daripada ke Cina. Kapan terjadinya awal hubungan dagang antara Indonesia dengan India tidak dapat dipastikan. Akan tetapi pada abad kedua tahun Masehi hubungan pelayaran sudah intensif. Barang-barang yang diperjualbelikan dalam perdagangan antara Indonesia dan India padad saat itu adalah logam mulia, perhiasan, berbagai jenis tenunan, barang pecah belah, bahan baku untuk kerajinan, rempah-rempah (cengkeh dan lada), wangi-wangian, obat-obatan dan kayu (cendana dan gaharu). Dilihat dari segi ilmu bumi. Kepulauan Indonesia dan daerah Asia Tenggara merupakan satu kesatuan dengan Asia pada zaman dahulu. Dengan keadaan seperti itu, tidak terlalu sulit bagi para pelaut untuk berlayar dari Asia Barat ke Indonesia. Dengan kapal layar itu mereka dapat menyusuri pantai pada musim yang tepat. Bahkan kapal besar pun dengan ukuran ratusan ton dan bermuatan seratus sampai dua ratus orang sudah dapat menyeberangi Teluk Benggala ataupun Samudera Hindia dengan mantap. Pelayaran Cina ke Indonesia melalui Selat Malaka makin berkembang sesudah Cina menguasai wilayah sebelah selatan Sungai Yang Tse dan Indocina. Sebelumnya, orang Cina sudah pula mengetahui adanya jalur pelayaran ke selatan melalui Funan dan Semenanjung Tanah Melayu yang berakhir di tepi Samudera Hindia. Hubungan dagang antara Indonesia dan Cina baru berkembang pada abad ketiga Masehi. Bukti tertulis tentang hubungan pelayaran itu barulah terjadi ketika Fa Hien (Fa Hsien) berlayar dari India ke Cina melalui Jawa pada abad kelima dan juga bukti dari Pendeta Gunawarman yang berlayar dari India ke Cina. Dari catatan perjalanan yang dibuat oleh Fa Hien dan Gunawarman dapat diketahui bahwa pada awal ke-5 M sudah berkembang perdagangan laut antara Cina, India dan Asia Barat. Pada saat itu perahu dari Cina berlayar ke India, sebaliknya perahu dari India dan perahu saudagar Arab banyak berlabuh ke Pelabuhan Kwantung (Kanton) membawa barang dagangan, seperti minyak wangi, permadani, permata, setanggi, barang dari gelas, dan katun yang halus. Hubungan pelayaran antara India dan Cina pada umumnya dilakukan melalui Selat Malaka. Kapal yang melakukan hubungan perdagangan ini terdiri atas kapal dari berbagai negeri, seperti Arab, India, Funan, Cina dan tentu Indonesia sendiri. Barang dagangan dari Indonesia yang dijual ke Cina terdiri atas bahan wangi-wangian, kemenyan, kayu harum, kapur barus, rempah-rempah, hasil kerajinan dan kulit binatang. Dengan berkembangnya hubungan perdagangan antara Asia barat dan Asia Timur melalui Asia Tenggara, berkembang pula pusat perdagangan di sepanjang jalur itu.  Pusat perdagangan tersebut merupakan tempat bertemunya para pedagang dari berbagai Negara. Pusat perdagangan penting di Asia Barat (Timur Tengah) seperti Ormuz di Teluk Persia dan Alexandria (Iskandariah) di pantai Laut Tengah (Mesir).  Ormuz menjadi pusat perdagangan penting di Asia Barat karena pelabuhan itu merupakan tempat pertemuan tiga jalur perdagangan, yaitu Laut Merah, Lembah Sungai Tigris dan Sungai Eufrat, dan pedagang dari Dunia Timur. Sementara itu, Alexandria merupakan pusat perdagangan penting di Laut Tengah karena dari sini barang dagangan  dari Dunia Timur akan menyebar ke Eropa. pusat perdagangan penting yang lain bagi para pedagang Eropa adalah Konstantinopel (Bizantium). Sementara itu berkembang pusat perdagangan penting di Asia Selatan yaitu di Kalikut (India), Goa dan Bombai. Pusat perdagangan di India mengalami perkembangan pesat karena terletak di jalur perdagangan antara Asia Barat dan Asia TImur. India banyak menghasilkan berbagai jenis barang perdagangan penting, seperti gading, ukir-ukiran, kain wol dan permata. Pusat perdagangan penting di Asia Tenggara yaitu Sriwijaya di Selat Malaka. Selat Malaka juga merupakan pintu gerbang pelayaran antara India dan Cina. Setiap kapal dari Asia Barat dan Asia Selatan yang kaan berlayar ke Asia Timur pasti melewati Selat Malaka. Sriwijaya merupakan pusat barang perdagangan penting, seperti barang rempah-rempah dari Maluku, emas dan kayu cendana. Di Asia Timur (Cina) juga berkembang pusat perdagangan penting karena wilayah ini menghasilkan berbagai jenis barang dagangan penting, antara lain sutra dan barang dari porselin. Pusat perdagangan penting pada saat itu adalah Kanton (Kwantung) dan Kambalik (Peking).


(C) Peranan Pusat perdagangan di Sekitar Laut Tengah sebagai Mata Rantai Hubungan Perdagangan antara Asia dan Eropa. Selanjutnya pada awal abad Masehi juga berkembang hubungan perdagangan melalui jalan laut Asia Timur dengan Asia Barat dan Eropa. Kota pelabuhan dan kota dagang yang ada di sekitar Laut Tengah dan merupakan pusat perdagangan mempunyai perannan yang sangat besar dalam menyebarkan barang dagangan yang berasal dari Timur (Asia) ke sekitar Laut Tengah dan Eropa. Keramaian perdagangan yang melalui pusat perdagangan di Laut Tengah merupakan mata rantai dalam hubungan perdagangan antara Asia dan Eropa. Barang dagangan dari Dunia Timur (Asia), antara lain sutra dari Cina; rempah-rempah dari Indonesia; kain katun dan mutiara dari India; bahan pakaian, gading dan kaca radi Mesir; permadani, batu permata dan kayu sedar dari Asia Barat. Barang tersebut sampai ke daerah sekitar Laut Tengah, seperti Alexandria, Antioch dan Konstantinopel (Bizantium). Dari daerah tersebut selanjutnya barang dari Asia dibawa oleh para pedagang Romawi Kuno menyebar ke seluruh daerah sekitar Laut Tengah bahkan sampai ke seluruh Eropa. Pada awal abad Masehi Kekaisaran Romawi mencapai puncak kejayaannya. Perdagangan dan pelayaran pada saat itu mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dengan ramainya perdagangan dan pelayaran di Sekitar Laut Tengah, tumbulah pelabuhan di sekitar Laut Tengah, seperti Genoa dan Venesia yang terletak di Semenanjung Italia. Pelabuhan tersebut selalu ramai dikunjungi para pedagang ari berbagai wilayah dari Asia dan Eropa. Pada masa itu pedagang Romawi Kuno sudah menjalin hubungan dagang dengan kerajaan di Asia. Perdagangan pada saat itu sudah menggunakan mata uang sebagai alat tukar-menukar. Pada saat Kekaisaran Romawi Barat mengalami keruntuhan tahun 476 Masehi, perdagangan di sekitar Laut Tengah sempat mengalami kemunduran. Pelabuhan di sekitar Laut Tengah menjadi sepi apalagi saat terjadi Perang Salib (1096-1291 M) perdagangan di sekitar Laut Tengah semakin mengalami kemunduran karena pelabuhan di Laut Tengah (di Semanjung Italia) menjadi pangkalan pemberangkatan pasukan Salib ke Palestina. Setelah Perang Salin berakhir, hubungan perdaganganantara Asia dan Eropa yang melalui Laut Tengah kembali pulih. Keadaan itu membawa kemajuan pesat bagi kehidupan di sekitar Laut Tengah sehingga pelabuhan di sekitar Laut Tengah berkembang menjadi kota pelabuhan dan kota dagang yang besar dan sekaligus sebagai pusat perdagangandi Laut Tengah. Kota pelabuhan dan kota dagang tersebut banyak dikuasai oleh kaum pedagang. Dengan modal yang besar kaum pedagangtersebut membuka usaha perbankan dan mendirikan perusahaan. Perubahan di bidang perekonomian berakibat pula di bidang social. Kemakmuran ang meningkat secara pesat memberikan kedudukan yang kuat kepada para pedagang dan para pengusaha. Mereka menggantikan kedudukan para raja, kaum bangsawan dan kaum gereja sehingga kota pelabuhan dan kota dagang menjelma menjadi Negara republic dagang, seperti Genoa, Venesia, Florence dan Milano. Pada saat Kekaisaran Romawi Timur mengalami keruntuhan karena dikuasai oleh Turki (Islam) pada tahun 1453, perdagangan di Laut Tengah kembali mengalami kemunduran. Ibu kota Romawi Timur, Konstantinopel yang merupakan pusat perdagangan di Laut Tengah jatuh ke tangan orang Islam. Akibatnya jatuhnya Konstantinopel, orang barat mengalami kesulitan untuk mendapatkan barang dari Dunia Timur. Mereka berusaha mencari barang dari Dunia Timur tersebut langsung dari sumbernya. Hal ini mendorong bangsa Barat mengadakan penjelajahan samudera. Setelah mengetahi jalan ke Dunia Timur melalui pantai Barat AFrika, perdagangan yang melalui Laut Tengah menjadi sepit.


(D) Perdagangan Antarpulau, Sumber dan Barang dagangannya, serta cara memperdagangkan dan alat angkutnya.

(1)    Sistem Angin dan manfaatnya bagi pelayaran antarpulau di wilayah Indonesia. Sejak jaman dahulu, nenek moyang bangsa Indonesia terkenal sebagai pelaut ulung. Mereka mampu mengarungi lautan yang sangat luas sampai di pantai utara Australia dan ke Pulau Madagaskar di Pantai Timur benua Afrika. Untuk bisa mengarungi samudera yang luas, nenek moyang bangsa Indonesia telah mengetahui seluk beluk pelayaran di antaranya adalah pengetahuan tentang angin. Setidaknya nelayan telah mengenal angin darat dan angin laut sekadar untuk kepentingan berlayar ke laut mencari ikan. Mereka berlayar ke laut menggunakan bantuan angin darat dan ketika pulang menggunakan angin laut. Para pelaut Indonesia yang berlayar dengan kapal antarpulau dan antarnegara bahkan mengenal angin musim. Wilayah Indonesia dilalui dua angin pasat. Di sebelah utara garis khatulistiwa berhembus angin pasat tenggara. Keadaan demikian berlangsung sepanjang tahun akibat berputarnya bumi pada porosnya. Akan tetapi karena peredaran bumi mengitari matahari, di wilayah Indonesia angin pasat itu berubah arah. Angin pasat timur laut terjadi sewaktu melintasi garis khatulistiwa berupah arah menjadi angin barat laut. Sedangkan angin pasat tenggara sewaktu melintasi garis khatulistiwa berubah menjadi angin barat daya. Wilayah Indonesia yang terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia mempunyai pengaruh besar pada berhembusnya angin. Iklim panas yang terjadi di salah satu benua akan membawa perubahan pada angin. Apabila di Benua Asia terjadi musim panas, tekanan udara di utara menjadi minimum (rendah) maka angin akan berhembus dari Australia ke Benua Asia yang arahnya ke timur. Oleh karena itu, di wilayah Indonesia dilalui dua angin musin yang setiap setengah tahun berubah arah. Pada bulan Oktober-April berhembus angin musim barat sedangkan bulan April-Oktober berhembus angin musin timur. Para pelaut Indonesia sudah mengenal dua angin musim tersebut dan memanfaatkannya untuk pelayaran. Para pelaut yang berangkat dari Maluku telah menggunakan angin musim timur untuk berlayar menuju pusat perdagangan di bagian barat, misalnya menuju Makasar, Gresik, Demak, Banten sampai ke Malaka. Sebaliknya, kapal dari barat yang berlayar menuju ke wilayah timur menggunakan angin musim barat. Pada bulan Juni-Agustus kapal berlayar ke Ayuthia dan Cina sedangkan pada bulan September-Desember angin balik berhembus ke selatan. Rupanya pelaut Indonesia lebih banyak dan lebh dahulu mengenal jalan laut ke barat daripada ke utara (Cina). Akan tetapi dalam perkembangannya, kapal nenek moyang bangsa Indonesia juga biasa berlayar ke Negeri Cina. Di Malaka kapal berdatangan dan menunggu angin yang baik untuk meneruskan pelayaran atau kembali ke negaranya.


(2)    Teknik Pelayaran. Teknik pelayaran nenek moyang bangsa Indonesia pada zaman dahulu sebelum berkembang seperti teknik pelayaran yang dilakukan oleh orang Brat pada saat itu. Orang Barat banyak menggunakan kapal besar dan perlengkapan yang lebih maju. Sementara itu, nenek moyang bangsa Indonesia menggunakan teknik pelayaran yang sederhana. Ada yang sama sekali masih menggunakan cara alami. Mereka berlayar dengan berpegang pda pengetahuan yang diperoleh secara turun-temurun. Ada lagi yang sekadar menggunakan perasaan atau naluri. Dengan melihat bentuk awan, pantulan sinar matahari, serta warna dan jenis air laut, seorang nakhoda yang berpengalaman dapat menentukan lokasi dan membawa kapalnya ke tujuan dengan selamat. Nenek moyang bangsa Indonesia juga sudah mengenal mata angin yaitu utara. Timur, selatan, barat, timur laut, tenggara, barat laut, dan barat daya. Ada suku bangsa hanya mengenal dua mata angin, yaitu ke darat (gunung) dan ke laut. Para pelaut Sangir bahkan mengenal jenis mata angin yang lebih terperinci lagi sebanyak 17 macam. Untuk menentukan lokasi dan arah pelayarannya mereka menggunakan tanda alam, seperti pulau, gunung, tanjung dan teluk. Mereka juga berpegang pada bintang di langit pada malam hari. Mereka mengenal gugusan bintang seperti bintang Mayang, Biduk dan Waluku. Pada suku bangsa Biak dikenal dua musim yang dipengaruhi bintang Sawakoi (Orion) dan Romangwandi (Scorpio). Bila bintang Romangwandi masih di bawah cakrawala, itu berarti angin barat masih bertiup dengan ombak yang besar dan membahayakan para pelaut. Nenek moyang bangsa Indonesia banyak juga yang sudah mengembangkan teknik pelayarannya seperti bangsa barat. Mereka juga mengenal kompas. Kompas tersebut digunakan untuk menentukan arah bagi kapal yang sedang berlayar. Namun demikian, hanya kapal yang berukuran besar yang menggunakan kompas. Selain alat kompas, alat lainnya yang penting dalam pelayaran adalah peta. Pelaut Indonesia juga mengenal peta. Bahkan dahulu pelaut Jawa dan Bugis sudah membuat peta yang meliputi daerah pelayaran yang luas. Namun demikian, peta tersebut jarang digunakan oleh para pelaut Indonesia. Mereka menyimpan peta pelayaran tersebut di dalam tabung bamboo. Walaupun peralatan pelaut Indonesia tidak selengkap bangsa Barat, namun prestasinya mengagumkan. Para pelaut Indonesia berlayar ke Samudera Hindia sampai jauh melintasi daerah subtropik di selatan maupun sampai ke Pulau Madagaskar.


(3)    Kontak Hubungan Dagang Antarpulau di wilayah Indonesia. Indonesia terdiri atas banyak pulau besar dan kecil yang dipisahkan oleh selat dan laut pada umumnya tidak seberapa dalam kecuali di perairan Maluku. Orang Indonesia yang mendiami Nusantara dari dahulu telah melakukan pelayaran. Hal itu dibuktikan sejak jaman prasejarah, yaitu pada jaman perpindahan nenek moyang orang rumpun bangsa Melayu dari daerah Asia Tenggara sekitar Teluk Tonkin tersebar luas ke daerah Kepulauan Laut Selatan pada sekitar tahun 2000-300 SM. Dengan prahu bercadik mereka telah mempu mengarungi perairan laut yang sangat luas itu. Di berbagai wilayah Indonesia terdapat perbedaan iklim, di bagian barat lebih banyat turun hujan, sedangkan di bagian timur Indonesia jarang turun hujan sehingga wilayahnya agak kering. Perbedaan iklim itu mengakibatkan perbedaan hasil bumi dan kekayaan alam lainnya. Akibat perbedaan iklim itu, sejak jaman dahulu telah terdapat perdagangan antarpulau di Indonesia. Hal itu dapat diketahui dari tumbuhnya pelabuhan penting di Nusantara. Berdasarkan sumber sejarah, pada jaman Mataram Kuno sudah ada pelabuhan penting di Nusantara, seperti Ujung Galuh yang terletak di muara Sungai Brantas, Jawa Timur. Menurut Prasasti Kamalagyan, Pelabuhan Ujung Galuh selalu ramai dikunjungi perahu dagang dari pulau lain. Dalam perkembangan selanjutnya, pelabuhan Ujung Galuh banyak disinggahi perahu dari kerajaan lain di luar Nusantara. Pada masa kejayaan Sriwijaya pada abad ke-8 sampai abad ke-9 M, hubungan perdagangan antarpulau di wilayah Nusantara juga berkembang pesat. Jalur perdagangan strategis, seperti  Selat Malaka, Selat Sunda, dan Selat Karimata dikuasainya. Dengan armada laut yang kuat, Sriwijaya mampu mengamankan jalur perdagangan antarpulau di wilayah Indonesia. Pada masa kejayaan Majapahit pertengahan abad ke-14 M, kontak hubungan perdagangan antar pulau di wilayah Indonesia semakin berkembang pesat. Semakin ramai hubungan dagang antar pulau di wilayah Indonesia, semakin berkembang pula kota Bandar di sepanjang pantai. Pada masa itu kota Bandar terpenting, seperti Gresik, Tuban dan Jepara. Kota Bandar tersebut merupakan gudang penyimpanan rempah-rempah yang berasal dari Maluku. Dalam hubungan dagang antarpulau tersebut, para pedagang dari wilayah timur banyak membawa barang dagangan yang berupa rempah-rempah menuju ke wilayah barat terutama badar di Jawa dan sebaliknya. Selanjutnya, barang rempah-rempah tersebut mereka tukar dengan beras, bahan pakaian, perhiasan dan barang kebutuhan lain. Dalam hubungan perdagangan antar pulau itu, orang-orang dari Bugis dan Makasar adalah pelaut yang ulung dan gagah berani dalam mengarungi gelombang laut. Kampung permukiman orang Bugis dapat ditemukan hampir di seluruh kota pelabuhan dan pusat perdagangan di Indonesia. Bahkan di Malaysia terdapat Negara bagian yang berasal dari kampung pemukiman para pelaut Bugis, Makasar, Jawa dan Madura. Para saudagar dan pelaut itu berlayar mengarungi perairan Nusantara. Dengan demikian, mereka mengadakan hubungan dagang antarpulau dan antar daerah di Indonesia. Daerah yang ramai perdagangannya akan lebih banyak dikunjungi oleh para saudagar baik pedagang Indonesia maupun asing. Dengan demikian, tempat perdagangan serupa ini lebih bersifat internasional karena di pusat-pusat perdagangan itulah saudagar Indonesia berjumpa orang asing yang berdagang di Indonesia.


(4)    System perdagangan dan Alat Transportasinya. Perdagangan antarpulau pada masa lampau dilakukan secara bertahap. Barang dagangan yang berasal dari daerah pedalaman dikumpulkan dan diangkut ke pusat perdagangan di daerah pelabuhan. Barang dagang tersebut diangkut menggunakan pedati atau gerobak. Selain itu, ada juga yang diangkut melalui sungai dengan perahu. Setelah berkumpul dalam jumlah besar di pusat perdagangan barulah terjadi juall beli dengan para pedagang besar dari berbagai pulau. Jual beli dilakukan dengan cara tukar menukar barang yang dinamakan barter. Misalnya, rempah-rempah ditukar dengan kain, rempah-rempah ditukar dengan beras, atau beras ditukar dengan barang lain. Cara barter sering menimbulkan kesulitan karena kurang praktis dan sulitnya menentukan nilai tukar barang. Untuk mengatasi kesulitan itu, pada masa berdirinya kerajaan-kerajaan di Indonesia dibuat mata uang. Mata uang tersebut dikeluarkan oleh kerajaan. Bahan mata uang itu pun bermacam-macam, ada yang dari timah, perunggu, perak, dan emas. Pada zaman dahulu, orang tidak begitu terikat pada jenis mata uang dari negaranya sendiri. Di pasar dan di pelabuhan, para pedagang secara leluasa membayar dengan uang dari Negara asalnya. Alat transportasi dalam perdagangan antarpulau pada zaman dahulu masih sederhana. Ukuran kapal pada zaman dahulu tidak sebesar seperti zaman sekarang sehingga daya angkutnya sangat terbatas. Selain itu, kapal mereka hanya digerakkan oleh manusia dan menggunakan layar. Dengan demikian, pelayaran mereka sangat bergantung pada arah angin. Karena terbatasnya sarana transportasi maka pelayaran mereka membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke tempat tujuan. Keterbatasan sarana transporasi ini juga menimbulkan perdagangan berantai, artinya barang dagangan dari suatu daerah berpindah tangan dari pedagang yang satu ke pedagang yang lain, dari Bandar satu ke Bandar yang lain. Selain melakukan perdagangan berantai banyak juga pedagang yang melakukan perdagangan langsung dari daerah asal barang dagangan ke daerah yang membutuhkan, misalnya para pedagang Maluku berdagang rempah-rempah ke Jawa atau sebaliknya. Perdagangan langsung antarpulau tersebut biasanya dilakukan oleh para pedagang besar atau saudagar kaya. Dengan ramainya kegiatan perdagangan antar pulau, berkembang pula pusat perdagangan atau pasar. Pasar tersebut biasanya berada di kota pelabuhan dan di dekat keraton, sedangkan bila di pedesaan berada di tepi aliran sungai. Pasar di kota pelabuhan banyak dikunjungi para pedagang asing sehingga dinamakan pasar internasional. Pasar itu mengisi kas keuangan kerajaan. Raja memungut cukai dan pajak terhadap barang yang dijual. Sebaliknya, para pedagang dan pembeli mendapat perlindungan dan keamanan dari raja. Jadi, raja mengadakan pengawasan terhadap keamanan pasar dengan sebutan syahbandar.


(E)   Peranan Indonesia dalam pelayaran dan perdagangan pada masa Kuno.


(1)    Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia serta antara Samudra Hindia dan Samudera Pasifik. Kenyataan ini menunjukkan bahwa kepulauan Indonesia berada di tempat yang sangat ramai untuk lalu lintas dunia.


(2)    Indonesia terletak di daerah yang beriklim tropis dengan curah hujan yang rata-rata tinggi.


(3)    Indonesia memiliki banyak gunung berapi dan sungai sehingga menyuburkan tanah di sekitarnya. Hal itu menjadi modal dasar yang utama bagi pengembangan usaha pertanian.


(4)    Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah baik dari hasil pertanian, hutan. Tambang maupun hasil laut sehingga Indonesia sering dikunjungi oleh banyak pedagang besar dari berbagai Negara.


(5)    Indonesia terdiri atas ribuan pulau dengan laut luas yang dalam dan dangkal sehingga merangsang timbulnya usaha perikanan laut dan perdagangan antar pulau.

Wilayah Indonesia yang mempunyai letak strategis berada di titik silanglalu lintas dan perdagangan dunia, mendorong untuk selalu terlibat  dan turut serta dalam gerak perdagangan dunia teristimewa dengan Negeri Cina dan India. Semula para pedagang Cina hanya melintasi di Selat Malaka untuk menuju India, demikian pula sebaliknya. Akan tetapi, pedagang Cina itu akhirnya singgah juga di Indonesia untuk menambah perbekalan dan juga barang dagangan. Dengan demikian, berkembanglah hubungan dagang dengan India dan Cina. Barang perdagangan dari Cina berupa sutra dan porselin, dari India berupa gading dan ukir-ukiran, sedangkan dari Indonesia berupa emas, beras dan rempah-rempah. Bersamaan dengan semakin berkembangnya hubungan dagang tersebut, muncul beberapa pelabuhan dan pasar di sepanjang pantai timur Sumatera, Semenanjung Malaya, pantai utara Jawa, Kalimantan, semakin cepat setelah di Indonesia berdiri kerajaan kuno sejak abad ke-5 Masehi. Hubungan antara Indonesia dan India semakin meningkat setelah berdiri Kerajaan Sriwijaya pada abad ke-8 Masehi. Letak Sriwijaya yang strategis dekat Selat Mlaak sebagai jalur lalu lintas pelayaran menyebabkan banyaknya para pedagang dari India akan Cina yang datang ke Sriwijaya. Pada saat itu para pedagang telah menggunakan kapal dagang yang mempu mengarungi samudra. Hal itu digambarkan dengan jelas pada relief Candi Boroudur di Jawa Tengah (850 M). Pada akhir abad ke-13 M, di Jawa Timur berdiri Kerajaan Majapahit. Kerajaan itu mencapai puncak kejayaan pada pertengahan abad ke-14 Masehi. Kota Gresik dan Tuban merupakan kota pelabuhan terbesar pada saat itu. Kedua Bandar tersebut menjadi gudang rempah-rempah dari Maluku. Selain pelabuhan Gresik dan Tuban, Pelabuhan Jepara juga mulai muncul dan berkembang. Barang rempah-rempah dari Maluku yang berada di Bandar Pulau Jawa itu selanjutnya di bawa ke berbagai Negara, yaitu kea rah barat menuju India, Persia, dan selanjutnya ke Eropa, sedangkan kea rah utara sampai ke Cina. Dengan semakin berkembangnya hubungan dagang antara Eropa dan Asia (termasuk Indonesia), perdagangan rempah-rempah Indonesia semakin ramai. Hasil rempah-rempah Indonesia mulai banyak dikenal di Eropa. Hal ini mendorong bangsa Eropa untuk datang sendiri ke Indonesia untuk membeli rempah-rempah.

IN ENGLISH (with google translate Indonesian-english):

Trade and Shipping in Ancient Period
(Source: Suparman., 2003. IPS History. Surakarta: the Three.)
Trade traffic will establish relations between countries in the world.With perdaganglah the centuries before Christ was no relationship between the East and the West. The East-rich spices can meet the needs of Western countries, such as pepper, nutmeg, ginger, cloves, cinnamon and incense. And vice versa.
(A) Line Ancient trafficking in Asia (the Silk Road) Merchandise and its transports equipment. Since before the beginning of the solar year in Asia has been growing trade ties between East Asia (China) and India and China with Central Asia (West Asia). The path taken by the Chinese traders called the Silk Road. Called the Silk Road as the main trading commodity they are silk. The path they take is from the land and sea. Overland route is China, Central Asia, India and West Asia. The second path is that of silk by sea and is a continuation of the Silk land, the sea trade route from the Persian Gulf to the Red Sea. In addition, trade by sea of ​​the Bay of Bengal, India to the Persian Gulf. Through the silk road traders carrying goods from the East through the continent of Asia heading to West Asia. The traders are using facilities in the form of animals camels to transport goods along the Silk Road in the middle of the desert in Asia heading to West Asia. Relations between China and India Affairs began in the Han Dynasty (206 BC-221 AD). In the reign of Emperor Han Wu Ti, in 138 BC sent you a messenger named Tsyang Tsj'in to make friends with the people of Yue TYS, the tribes of Indo-German family based in north Tibet. Delegation itself failed to achieve its purpose, but since then many Chinese traders went to India and Central Asia through the gap between the regions of Yunnan and Myanmar. Their initial relationship building and military-style trade. In those days it was known two silk road through the Gobi Desert, which is way north through Turfan and way south through Khotan and Yarkand. Relations with India occurred more intensively after Buddhism entered China. Maybe once the entry of Buddhism into China via traders and soldiers who fought in the area of ​​Central Asia and the Indian border. Chinese merchandise is silk smooth, hairy animal skins and cinnamon.Indian nations trade goods such as glass, gems, ivory and delicate fabrics of wool and flax. In addition to India, China also established trade relations with ancient Roman (Ta Tsin) at the beginning of the solar year with the merchandise in the form of silk. Other items sold kaneel the Chinese are used for medicine, beverages, perfumes and also some types of metal objects, while in the land of China to buy an assortment of items from Ancient Rome, such as drinks, jewelry and woolen fabrics. Trading system was still moving hand or trade chain. Khafilah of China transported by Parthian merchants with camels and horses. Goods from the East is transported to the trade in the Mediterranean Coast through Mespotamia. From the Mediterranean Coast of goods were transported to the airport in the town of Palmyra and the East Coast of the Mediterranean Sea through the Syrian Desert. In this place the goods changed hands again to Phoenician merchants who transport and distribute widely to countries around the Mediterranean waters. Transport that they use is still very limited, small boats, camels and horses.

(B) Line Sea trade with Southeast Asia, West Asia and East Asia (China), centers of trade and merchandise. Since the beginning of the solar year has been busy developing trade relations between the West and the East, between the Roman Empire and the Kingdom of Ancient China via the sea. At the beginning of the second century AD kingdom each had glorious times. Ancient Rome under the Emperor Octavian Augustus, and the other Chinese State during the reign of the Han Dynasty. At the beginning of the solar year, the sailors the world has known, and can take advantage of seasonal winds on the way voyage. They no longer need to sail down the coast. Diseberangilah Indian Ocean in their voyage from the Red Sea and the Persian Gulf and the Strait of Malacca to India using southwestern monsoons. Of the Strait of Malacca Western traders traveled to Port Annam. In fact, Western traders arrived at the Port of Annam perbah facing the Emperor of China as an envoy of King Ta-Tsin (Ancient Rome) named Antu (maybe Mareus Aurelius). Growing trade links by sea between West Asia and East Asia at that time due to the war in Central Asia so that overland trade routes between East Asia and West Asia through Central Asia (Silk Road) disconnected. In berkutnya more frequently heard the news of the arrival of China's Ancient Roman traders. It shows that more and more ships sailing from the Persian Gulf to China through the Straits of Malacca. In the year 226 AD Ancient Rome there are merchants who arrived at Nanking through Tonking. Subsequently, in the second part of the third century, it seems that the traders who came from the sea not only satisfied Tonking stop, but they continue the voyage to Canton. In the third century many Westerners in Canton, it shows already growing sea trade route between West Asia, Southeast Asia and East Asia.Established trade relations in Asia as well as between Indonesia and India and Indonesia and China. Prior to the trade relations with China, Indonesia has established trade relations with India. This is caused wind system in Indonesia make it easier for the voyage to India and Persia than to China. When the beginning of trade relations between Indonesia and India can not be ascertained.However, in the second century AD in relation cruise was intense.Traded goods in trade between Indonesia and India padad time is a precious metal, jewelry, various types of fabrics, glassware, raw materials for handicrafts, spices (cloves and pepper), perfumes, medicines and wood (sandalwood and aloe). In terms of geography. Islands of Indonesia and Southeast Asia region is an integral part of Asia in ancient times. In such circumstances, it is not too difficult for the sailors to sail from West Asia to Indonesia. With a sailing ship that they could along the coast in the right season.Even the great ship was the size of hundreds of tons and charged one hundred to two hundred people had to cross the Bay of Bengal or Indian Ocean steadily. China cruise through the Straits of Malacca to Indonesia after China's growing control of the area south of the Yang Tse and Indochina. Earlier, the Chinese are well aware of the shipping lane to the south through the Malay Funan and Peninsula Land which ended at the edge of the Indian Ocean. Trade relations between Indonesia and China has developed in the third century AD. Written proof of the relationship then shipping it happens when Fa Hien (Fa Hsien) sailed from India to China via Java in the fifth century, and also evidence of the Reverend Gunawarman sailing from India to China. From the records of trips made by Fa Hien and Gunawarman can be seen that at the beginning of the M-5 was developed sea trade between China, India and West Asia. At that time the boat sailed from China to India, otherwise the boat from India and Arab traders many boats anchored to the Port of Kwantung (Canton) carry merchandise, such as perfumes, carpets, jewelry, incense, articles of glass, and fine cotton. Relations between India and China shipping is usually done through the Strait of Malacca. Ships that do trade relationship consists of ships from various countries, such as Arabic, Indian, Funan, China and of course Indonesia itself. Merchandise sold from Indonesia to China consist of fragrance ingredients, incense, fragrant wood, camphor, spices, handicrafts and leather animals.With the development of trade relations between West Asia and East Asia through Southeast Asia, is also developing trading centers along the route. The trade center is a meeting place for traders from various countries. Important trading center in West Asia (Middle East) as Ormuz in the Persian Gulf and Alexandria (Alexandria) on the Mediterranean coast (Egypt). Ormuz become an important trading center in West Asia because the port was the meeting place of three trade routes, the Red Sea, Nile River Tigris and the Euphrates, and the merchants of the East. Meanwhile, Alexandria is an important trading center in the Mediterranean because of the merchandise here from the East will spread to Europe. Another important trade center for European traders were Constantinople (Byzantium). Meanwhile, developing important trade center in South Asia, namely in Kalikut (India), Goa and Bombai.Trade centers in India have evolved considerably since it is located on the trade route between West Asia and Asia EAST. India produces many different types of important trade goods, such as ivory carvings, woolen fabrics and jewels. Important trading center in Southeast Asia Srivijaya in the Straits of Malacca. Malacca Strait is also the gateway shipping between India and China. Every ship from West Asia and South Asia to East Asia kaan definitely sail through the Strait of Malacca. Srivijaya was an important center of trade goods, such goods spices from the Moluccas, gold and sandalwood. In East Asia (China) also developed an important trade center for the region produces different types of essential goods, such as silk and porcelain goods. Important trade center at that time was Cantonese (Kwantung) and Kambalik (Peking).

(C) The role of trade center Around the Mediterranean Sea as the Chain Trade Relations between Asia and Europe. Furthermore, in the early centuries AD also developing trading relationships overwater East Asia West Asia and Europe. City port and trading city that surround the Mediterranean Sea and the center of commerce has a very large perannan spreading merchandise from the East (Asia) to the Mediterranean and Europe. Hustle trade through trading center in the Mediterranean is a link in trade between Asia and Europe. Merchandise from the East (Asia), among others, silk from China; spices from Indonesia, and pearl cotton from India; fabric, ivory and glass radi Egypt; tapestries, gemstones and timber conscious of West Asia. Goods to the area around the Mediterranean, such as Alexandria, Antioch and Constantinople (Byzantium). Of the area further goods from Asia carried by ancient Roman traders spread throughout the Mediterranean region and even throughout Europe. In the early centuries AD the Roman Empire reached its peak. Trade and shipping at that time experiencing rapid growth. With the hectic trade and shipping in Around the Mediterranean, tumbulah ports around the Mediterranean, such as Genoa and Venice are located in the Italian peninsula. Ports are always crowded with merchants ari various parts of Asia and Europe. In those ancient Roman traders have established trade relations with the kingdom in Asia.Trade when it is used as a means of currency exchange. At the time of the Western Roman Empire had collapsed in 476 AD, around the Mediterranean trade had suffered a setback. Ports in the Mediterranean to be quiet especially during the Crusades (1096-1291 AD) trade around the Mediterranean Sea due to the decline in the Mediterranean port (on the Italian Peninsula) to the base of departure Crusaders to Palestine. After the war ended Copy, relationships perdaganganantara Asia and Europe through the Mediterranean recover. The situation was brought rapid advances to life around the Mediterranean Sea that ports around the Mediterranean port city and developed into a great trading city and once the center of the Mediterranean perdagangandi. The port city and commercial city of the lot occupied by the merchants. With the bulk of the capital to open a business banking pedagangtersebut and established companies. Changes in the economy also resulted in the social field. Prosperity ang growing rapidly deliver a strong position to traders and businessmen. They replaced the position of the kings, the nobility and the church so that the port city and commercial city transformed into a republic state trade, such as Genoa, Venice, Florence and Milan. By the time the Eastern Roman Empire had collapsed due to controlled by the Turks (Muslims) in 1453, trading in the Mediterranean setback. The capital of the Eastern Roman, Constantinople was the center of trade in the Mediterranean fell into the hands of the Muslims. As a result, the fall of Constantinople, the western having trouble getting goods from the East. They are trying to find goods from the East is straight from the source. This prompted Western nations conduct ocean exploration. After mengetahi road to the East via the west coast of Africa, the Mediterranean trade through a pinchers.

 
(D) inter-island trade, Resources and merchandise items, and how to trade and transport means.
(1) The Wind and the benefits for the cruise between islands in Indonesia. Since ancient times, the ancestors of Indonesia known as a master mariner. They are able to navigate the vast ocean to the north coast of Australia and the island of Madagascar on the east coast of the African continent. To be able to navigate the vast ocean, the ancestors of Indonesia have learned the ins and outs of shipping them is knowledge of the wind. At least fishermen have known onshore breeze and the sea breeze just for the sake of sailing to sea for fishing. They sailed to the sea breeze and land use aid as home use sea breeze. The Indonesian sailors who sailed between islands and between countries even know monsoons.Indonesia territory through two trades. To the north of the equator southeast trade winds blow. Circumstances take place throughout the year due to rotation of the earth on its axis. However, because of the circulation of the earth round the sun, in the region of Indonesia that the trade winds change direction. Northeast trade winds occur when crossing the equator wage a northwest wind direction. While the southeast trade winds across the equator when the wind changed to the southwest. Indonesian territory which lies between the continent of Asia and the continent of Australia has a major influence on the wind berhembusnya. Hot climate that occurred in one of the continent will bring about a change in the wind. If in the continent of Asia occurred last summer, the air pressure in the north to the minimum (low) then the wind will blow from Australia to the continent of Asia into eastern direction. Therefore, in the region of Indonesia through season two winds that change direction every half year. In the months of October to April while the west monsoon blows from April to October in mucin east wind blows. The Indonesian sailors are familiar with the two monsoons and use them for shipping. The sailors who went from Maluku have used east monsoon winds to sail to the trade center on the west, for example towards Napier, Gresik, Demak, Banten down to Malacca. Instead, the ship sailed from the western to the eastern region using western monsoons. In the months of June to August and the ship sailed to China Ayuthia while in September-December wind blows to the south behind. Apparently Indonesian sailors more and lebh first to know the sea to the west than to the north (China). But in its development, the ship of the Indonesian nation ancestors are also commonly sailed to the Land of China. In Malacca ships arrive and wait for a good wind to continue shipping or return to his country.

(2) Technical Shipping. Techniques cruise ancestors of Indonesia in the days before developing such shipping techniques performed by Brat at the time. Western people are using large vessels and advanced equipment. Meanwhile, the ancestors of Indonesia using a simple technique of shipping. There is a completely still use natural means. They sailed by holding pda knowledge acquired hereditary. Anything else is just by feel or instinct. By looking at the form of clouds, the setting sun, as well as the color and type of sea water, an experienced skipper can determine the location and bring the ship to its destination safely. Ancestors of Indonesia also familiar with the northern cardinal. East, south, west, northeast, southeast, northwest, and southwest. There is a race only knew two of the wind, which is the land (mountains) and the sea. The sailors Sangir even know the types of winds over again as many as 17 different detailed. To determine the location and direction of the voyage they use natural signs, such as islands, mountains, headlands and bays. They also held the stars in the sky at night.They know the star constellations as Mayang, the Big Dipper and the plow. In Biak tribe known for two seasons influenced Sawakoi stars (Orion) and Romangwandi (Scorpio). When Star Romangwandi still below the horizon, it means that the westerly winds are still blowing with large and dangerous waves sailors.Ancestors of Indonesia there are many techniques that have been developed as the nation's voyage west. They also know the compass. Compass is used to determine the direction of the ship sailing. However, only large ships that use the compass. In addition to the compass tool, other tools are important in shipping is a map.Seafarers Indonesia also familiar with the map. Even the first Javanese and Bugis sailors have made a map that covers a broad area of ​​the cruise. However, maps are rarely used by sailors of Indonesia. They store the map of shipping in the bamboo tube.Although Indonesia is not as complete equipment sailor Western nations, but his performance was awesome. The Indonesian sailors sailed across the Indian Ocean as far south subtropical area and get to the island of Madagascar.

(3) Contact Trade Relations between islands in Indonesia.Indonesia consists of many large and small islands separated by a strait and the sea in general is not much inside except in Maluku waters. Those who inhabit the archipelago of Indonesia has done before shipping. This was evidenced since prehistoric times, ie at the time of transfer of the ancestors of the family of the Malays from Southeast Asia region around the Gulf of Tonkin spread to the South Sea Islands area circa 2000-300 BC. With Prahu bercadik mempu they have sailed the seas are very vast. In many parts of Indonesia there are differences in climate, in the west over Banyat rain, while in the eastern part of Indonesia hardly ever rains so the area is rather dry. Differences that lead to differences in climate crops and other natural wealth. Due to differences in climate, since time immemorial there have been inter-island trade in Indonesia. It can be seen from the growth of an important port in the archipelago.Based on historical sources, at the time of the Ancient Mataram already an important port in the archipelago, such as the Edge Galuh at the mouth of the Brantas River, East Java. According to the inscription Kamalagyan, Harbour Edge Galuh always crowded trade boat from another island. In a further development, the port end of the boat visited Galuh many other kingdoms beyond the archipelago. In the heyday of Sriwijaya in the 8th century until the 9th century AD, trade relations between islands in the archipelago is also growing rapidly. Strategic trade routes, such as the Strait of Malacca, the Sunda Strait, and the Strait Karimata mastered. With a strong fleet, Sriwijaya was able to secure the trade route between islands of Indonesia. In the heyday of the Majapahit mid-14th century AD, contact trade relations between islands in Indonesia is growing rapidly. The more crowded trade relations between islands in Indonesia, also growing cities along the coast airport. At that time the city of Bandar importantly, as Gresik, Tuban and Jepara.Bandar is a storehouse of spices from the Moluccas. In the inter-island trade, traders from the east many carry merchandise in the form of spices leading to the western region, especially badar in Java and vice versa. Furthermore, these spices goods they exchange with rice, fabrics, jewelry and other goods. In relation to trade between the island, the people of the Bugis and Makassar is an accomplished sailor and gallant as it navigates the ocean waves. Kampung Bugis settlements can be found in almost all port city and trade center in Indonesia. Even in Malaysia are derived from the state settlement sailors Bugis village, Makassar, Java and Madura. The merchants and sailors sail the waters of the archipelago. Thus, they conducted trade between islands and between regions in Indonesia. The area will be more crowded trade frequented by merchants both Indonesian and foreign traders. Thus, this kind of trade where more international because trading centers that merchants Indonesia meet strangers who trade in Indonesia.

(4) System trade and transportation equipment. Inter-island trade in the past carried out in stages. The merchandise comes from inland areas is collected and transported to the center of trade in the port area. Merchandise transported in carts or wagons. In addition, there are also transported through the river by boat. Once assembled in large numbers at the trade center then going juall buy with merchants of various islands. Buying and selling is done by way of exchange of goods is called barter. For example, spices exchanged cloth, spices exchanged for rice, or rice exchanged for other goods. How often creates difficulties for barter less cumbersome and difficult to determine the value of exchange of goods. To overcome this difficulty, in the establishment of the kingdoms in Indonesia made currencies. The currency issued by the kingdom. Materials currency also vary, some from tin, bronze, silver, and gold. In ancient times, people are not so tied to the type of currency of his own country. In the market and at the port, traders are free to pay with money from their countries of origin. Means of transportation in inter-island trade in ancient times was simple. Size of the vessel at the time were not as big as today so that the payload is very limited. In addition, they only ship driven by humans and using the screen. As such, they rely heavily on the cruise wind direction. Due to the limited means of transport then shipping them take a long time to get to your destination. Transporasi limited facilities also raises trade chain, meaning merchandise from an area changed hands from one trader to another trader, from one airport to another airport. In addition to the trade chain many traders trade directly from the area of ​​origin of merchandise to areas in need, such as traders Maluku spice trade to Java or vice versa.Direct trade between islands is usually done by the wholesaler or wealthy merchant. With the hectic activities of inter-island trade, also develops trading center or market. The market is usually located in the port city and near the palace, whereas when in the countryside on the edge of the river. The market in the port city visited by many foreign traders so called international market. The market was filled treasury royal finances. Raja collect duties and taxes for goods sold. Instead, traders and buyers get protection and security of the king. So the king gave to the security surveillance market as the harbormaster.

 
(E) The role of Indonesia in shipping and trade in ancient times.

(1) Indonesia lies between Asia and Australia continent and between the Indian Ocean and the Pacific Ocean. This fact indicates that the Indonesian archipelago was in a very crowded for the traffic world.

(2) Indonesia is located in a tropical climate with rainfall average height.

(3) Indonesia has many volcanoes and rivers that fertilize the soil around it. It became the capital of a major base for the development of agriculture.

(4) Indonesia has abundant natural wealth of the agricultural, forest.Mining and marine products that Indonesia is frequented by many big merchants of various countries.

(5) Indonesia consists of thousands of islands to the vast ocean of deep and shallow that stimulates marine fisheries and trade between the island.
Indonesian territory which has a strategic location at the point silanglalu and trade across the world, is always engaged and encouraged to participate in the movement of world trade especially with China and India Affairs. Initially the Chinese traders just across the Straits of Malacca to reach India, and vice versa. However, it was eventually stopped by Chinese traders also in Indonesia to increase supplies and merchandise. Thus, developing trade relations with India and China. Trade goods from China such as silk and porcelain, from India in the form of ivory and carvings, while from Indonesia in the form of gold, rice and spices. Along with the development of trade relations, appeared several ports and markets along the east coast of Sumatra, the Malay Peninsula, the northern coast of Java, Borneo, the sooner after an ancient kingdom in Indonesia established since the 5th century AD. Relations between Indonesia and India increased after standing Srivijaya kingdom in the 8th century AD. Location of Srivijaya close strategic Strait Mlaak as shipping traffic caused many traders from India will be China who came to Sriwijaya. At that time traders have used the mempu merchant ships sail the ocean. It is clearly depicted in the reliefs Boroudur temple in Central Java (850 M). At the end of the 13th century AD, in the Kingdom of Majapahit in East Java stands.The kingdom reached the height of glory in the mid-14th century AD.Gresik and Tuban city is the largest port city at the time. Both Bandar is a storehouse of spices from the Moluccas. In addition to the port of Gresik and Tuban, Jepara port also began to emerge and evolve. Goods spices from the Moluccas are located in Bandar Java was subsequently taken to various countries, ie towards the west to India, Persia, and later to Europe, while towards the north to China. With the development of trade relations between Europe and Asia (including Indonesia), Indonesian spice trade getting crowded.Results Indonesian spices widely known in Europe. This prompted the Europeans to come alone to Indonesia to buy spices.