Thursday, June 25, 2020

Menara Eifel di Perancis



Menara Eifel di Perancis
Sumber:
Riana, Deny.2008.Jelajah Sains Populer Keliling Dunia.Surabaya:  CV Al –Maktabah.

Menara Eifel (bahasa Perancis: La Tour Eiffel) adalah bangunan yang paling menonjol di Kota Paris dan dikenal di dunia sebagai simbol negara Perancis. Namanya diambil dari nama perancangnya, Gustav Eiffel.
Menara Eiffel dibangun sebagai dalam rangka I’Exposition Universelle 1889,sebuah World’s Fair (Pekan Raya Dunia) yang juga bertepatan dengan 100 tahun Revolusi Perancis.
Rencana proyek pembangunan ini sudah dimulai sejak 1884, sedangkan pembangunannya sendiri dimulai pada tahun 1887 dan selesai 26 bulan kemudianl. Akhirnya, menara ini diresmikan pada 31 Maret 1889 dan dibuka untuk umum pada 6 Mei di tahun yang sama.
Selain cukup rumit, pengerjaan menara ini juga sangat berbahaya dan menelan biaya yang sangat besar. Mungkin, karena itu pula sebagian warga dan ilmuwan di Paris menentang pembangunan menara ini.
Eiffel tersusun atas 18.038 besi baja yang dikaitkan dalam bentuk persilangan dan diperkuat oleh 2.500.000 paku. Walaupun bahannya dari besi, berat menara karya Gustave Eiffel ini hanya 7.300 ton. Menara ini juga dirancang sedemikan rupa agar dapat menahan terpaan angin. Kendati demikian, angin yang kuat dapat menyebabkan menara ini bergoyang sekitar 6-7 cm. Di samping itu, panas matahari juga dapat menyebabkan puncak menara memuai hingga 18 cm.
Awalnya, pada tahun 1889, tinggi menara Eiffel dari tanah sampai ke tiang bendera adalah 312,27 meter. Sekarang, tinggi menara Eiffel dengan antenanya mencapai 324 meter dari tanah. Dengan ketinggian seperti itu, menara Eiffel memang menjadi pilihan ideal untuk menempatkan antena komunikasi. Oleh karena itu, saat ini beberapa perusahaan televisi Perancis memasang antena mereka di puncak Menara Eiffel.
Selama 41 tahun, yakni sejak di bangun pada tahun 1889 hingga 1930, Menara Eiffel memegang rekor bangunan tertinggi di dunia. Rekor ini kemudian tumbang ketika pada tahun 1930 di New York,  dibagun Chrysler Building setinggi 319 meter yang diikuti dengan pembangunan Empire State Building pada tahun 1931 yang menjulang setinggi di 381 meter di Kota New York, Amerika Serikat.
Saat ini menara Eiffel dimiliki oleh Pemerintah Daerah Paris dan dikelola oleh perusahaan swasta, Societe Nouvelle de I’Exploitation de la Tour Eiffel. Kerangka besi in idirenovasi setiap 7 tahun sekali dan dicat dengan 50 ton cat. Renovasinya di garap oleh pekerjay ang menguasai olahraga alpinis dan akrobatis.
Menara Eiffel diterangi oleh 354 proyektor berdaya 1.000 watt di tambah 20.000 bola lampu dan 800 lampu disko. Agar menara terlihat lebih hidup, dipasang empat lampu laser xenon berkekuatan 6.000 watt yang berputar secara permanen di puncak menara.
Bagi pengunjung yang senang berolahraga, mereka dapat meniti 1.665 tangga menuju puncak Eiffel. Di samping itu, ada 2 buah lift yang naik ke tingkat dua di mana bisa ditemukan berbagai

No comments:

Post a Comment