Thursday, June 25, 2020

Aneka Fakta tentang Bangunan Kuno Mirip Piramid


Aneka Fakta tentang Bangunan Kuno Mirip Piramid
Sumber: Riana, Deny.2008.Jelajah Sains Populer Keliling Dunia.Surabaya: CV Al Maktabah.

1.       Ada yang menyebutkan bahwa pyramid berhubungan dengan rasi gugus bintang Orion ditinjau dari letak ketiga pyramid Giza diyakini memiliki letak dan posisi yang sama berdasarkan gugus rasi bintang Orion.
2.       Beragam analisis mengatakan bahwa konstruksi pyramid digunakan dengan alas an bahwa pada peradaban lampau, manusia mengalami kesulitan untuk membuat kubah. Oleh karena itu, untuk mempermudah digunakanlah bentuk pyramid. Bentuk kubah sendiri baru digunakan pada masa Romawi dengna konstruksi pelengkung pada bangunan betonnya dan Romawi Timur yang disempurnakan pada masa peradaban Islam.
3.       Jika dibandingkan dengan Empire State Building di New York, Amerika Serikat. Pyramid ini lebih besar 30 kali lipat dan bahkan bisa terlihat dari bulan.
4.       Jangan salah  sangka, walau pyramid banyak terdapat di Mesir, bangunan seperti ini juga ditemukan di tempat lain. Sebut saja misalnya di Sudan, Etiopia, bahkan juga di beberapa Negara di Amerika Tengah, bahkan ditemukan pula situs pyramid dalam jumlah besar di Semenanjung Yucatan yang merupakan Pusat Peradaban Suku Maya.

No comments:

Post a Comment