Thursday, June 25, 2020

Menelusuri Machu Picchu di Peru, Amerika Selatan


Menelusuri Machu Picchu di Peru, Amerika Selatan
Sumber: Riana, Deny.Jelajah Sains Populer Keliling Dunia. Surabaya: CV Al Maktabah.

Maccu Picchu dalam bahasa Quechua berarti Gunung Tua. Maccu Picchu adalah sebuah kota kuno yang sangat luar biasa. Betapa tidak, kota yang terletak di kawasan Pegunungan Andes ini berada di ketinggian 2.350 meter. Secara geografis, kota ini tepatnya berada di atas lembah Urubamba, sekitar 70 km barat laut, Kota Cusco, Peru.
Wisatawan yang ingin mengunjungi kota ini dapat menempuh dua cara, yaitu dengan kereta api atau berjalan kaki. Apabila menggunakan kereta api, para wisatawan akan diajak untuk menyusuri Sungai Urubamba. Menaiki kereta api adalah cara yang boleh dibilang paling cepat daan nyaman. Adapun bagi yang gemar berpetualang Machu Picchu dapat dicapai dengn berjalan kaki mengikuti rute tradisional yang terkenal dengan nama Jejak Inca
Situs ini sempat terlupakan oleh dunia Internasional. Tetapi tidak oleh masyarakat lokal. Macchu picchu ditemukan kembali oleh arkeolog dari universitas Yale, Amerika Serikat, Hiram Bingham III, pada tahun 1911. Padahal kota ini sesungguhnya sudah dibangun antara 1460 dan 1470 Sebelum Masehi oleh penguasa suku Inca, pachaaacuti Inca Yupanqui. Karena itulah, Machu Pichu juga kerap di sebut Kota yang Hilang.
Situs tersebut kemungkinan adalah simbol yang paling dikenal dari Kerajaan Inca. Karena Maachu Picchu adlah kreasi paling indah Kerajaan Inca. Di tempat ini terdapat 200 banguna. Sebagian besar bangunan itu berupa rumah penduduk. Akan tetapi, ada juga sejumlah kuil, gudang penyimpanan, dan bagunan umum lainnya. Semuanya msih berupa bebatuan persegi banyak yang merupakan ciri khas periode akhir Suku Inca. Sebagian besar bangunan itu dibngun dari balok granit yang dipotong dengan alat dari batu dan diperhalus dengan pasir.
Dulu, diperkirakan da sekitar 1200 penduduk yang tinggal di tempat ini. Sebagin besar adalah perempuan, anak-anak, dan pendeta. Tidak heran, jika Machu Picchu juga pernah ditemukan mumi yang kebanyakan adalah wanita.
Hal unik lainnya yang ada di Machu Picchu adlah semua bangunan yang ada terlihat menyatu dengan alam. Seperti formasi batu yang dipakai sebagai konstruksi bangunan, batu yang berukur, air mengalir melalui saluran yang terbuat dari batu, dan kuil yang berdiri di atas tebing yang curam. Di tempat seperti ini, tampaknya kita bisa memuaskan rasa ingin tahu tentang cerita misteri masa lalu.
Sejak tahun 1983, Machu Picchu telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu Situs Warisan Dunia sekaligus menjadi objek yang paling mendapat perhatian akibat kerusakan yang ditimbulkan oleh pariwisata.

No comments:

Post a Comment