Tuesday, June 23, 2020

Menjelajah Grand Canyon di Colorado, Amerika Serikat



Menjelajah Grand Canyon di Colorado, Amerika Serikat
Sumber:
Riana, Deny.2008.Jelajah Sains Populer Keliling Dunia.Surabaya:  CV Al –Maktabah.

Grand Canyon adalah sebuah jurang dan tebing terjal yang sebagian besar berada di Taman Nasional Grand Canyon, Colorado, Amerika Serikat. Jurang ini, terbentuk oleh aliran Sungai Colorado, di utara Arizona, yang memotong sebuah dataran selama hampir 2000 juta tahun. Dataran Colorado telah terkikis oleh Sungai Colorado dan anak sungainya sehingga lapis demi lapis sedimen (endapan) mulai terangkat dan membentuk dataran tinggi Colorado.
Proses pengikisan Grand Canyon oleh Sungai Colorado merupakan peristiwa luar biasa dalam sejarah kebumian. Air sungai, lumpur dan pasir yang lewat dengan cepat merupakan tiga pengikis lembah sungai. Setiap hari kikisan atau erosi yang dibawa Sungai Colorado mencapai setengah juta ton.
Grand Canyon kali pertama dilihat oleh orang Eropa pada 1540, Garcia Lopez de Cardenas dari Spanyol. Ekspedisi ilmiah pertama ke kawasan ini dipimpin oleh Mayor AS John Wesley Powell pada akhir 1870-an. Powell menunjuk ke batuan sedimen yang terbuka di jurang sebagai “daun dalam buku cerita agung”. Namun, jauh sebelum masa itu, wilayah ini telah ditinggali penduduk asli Amerika yang membangun tempat tinggal di tembok jurang ini.
Panjang jurang ini sekitar 446 km, dengan lebar mulai dari 6 sampai 20 km, dan kedalaman lebih dari 1.600 meter. Jurang ini salah satu taman nasional ternama di Amerika Serikat. Bahkan, lembah batu karang penuh warna di tengahnya mengalir lembut Sungai Colorado ini menjadi salah satu tempat favorit Presiden Theodore Roosevelt.
Ia kerap mengunjunginya dalam beberapa kesempatan untuk berburu singa gunung dan menikmati pemandangan alam yang luar biasa. Roosevelt juga merupakan salah satu pendukung utama Taman Nasional Grand Canyon.
Grand Canyon juga terkenal karena keanehan bentuk dan warnanya. Hampir seluruh tebing dan jurang Grand Canyon didominasi oleh warna merah, sedangkan bentuknya sendiri berkelok-kelok hingga ke mulut Sungai Praha.
Hamparan batu karang mirip karpet warna warni. Sebagian bentuknya rata dan sebagian lagi merupakan tonjolan-tonjolan acak. Namun, tampak harmonis. Apalagi dipandang dari South Rim, sebuah tempat pemberhentian khusus untuk menikmati panorama unik dan menarik hiasan batu karang Grand Canyon.
Dengan keindahan alamnya yang begitu menajubkan, tak heran apabila Grand Canyon menjadi salah satu objek wisata andalan Amerika Serikat yang banyak dikunjungi para wisatawan. Lebih dari itu, kawasan ini juga sering dijadikan latar belakang film koboi.

No comments:

Post a Comment