Friday, July 10, 2020

Sistem Pencernaan Pada Manusia


Sistem Pencernaan Pada Manusia

Makanan merupakan bahan yang diperlukan tubuh untuk kelangsungan hidup. Zat makanan ada yang perlu dicerna terlebih dahulu, seperti karbohidrat, lemak, dan protein. Sebaliknya vitamin, mineral, dan air dapat langsung diserap dan digunakan tubuh. Pencernaan makanan dibedakan menjadi:
  • Ø  Pencernaan mekanis, mengubah bahan kasar menjadi halus secara fisik
  • Ø  Pencernaan kimiawi, proses pengubah zat makanan dengan bantuan enzim pencernaan
  • Ø  Pencernaan intrasel, terjadi di dalam sel, misalnya pada protista
  • Ø  Pencernaan ekstrasel, terjadi melalui saluran pencernaan, misalnya pada hewan
A) Saluran Pencernaan
1) Mulut 
2) Kerongkonan
Kerongkongan menghubungkan mulut dan lambung. Pada persimpangan tenggorok dan kerongkongan (faring) terdapat epiglottis yang menutup tenggorok sehingga makanan masuk melalui kerongkongan menuju lambung. Makanan didorong masuk dari kerongkongan ke lambung oleh gerak perstaltik (meremas)
3) Lambung
        Lambung terdiri atas tiga bagian, yaitu kardia (atas), fundus (tengah), dan pylorus (bawah). Lambung bagian tengah menghasilkan getah lambung terdiri atas air, lendir, asam lambung (HCl), enzim rennin, pepsinogen, serta enzim lipase.
4) Usus Halus (Instestinum Tennue)
Usus halus terdiri dari:
a) duodenum (usus dua belas jari)
            Duodenum adalah temapt bermuaranya dua saluran, yaitu dari kantong empedu dan pancreas. Fungsi empedu untuk mengemulsi lemak. Pancreas menghasilkan getah pancreas yang mengadung enzim tripsin, enzim amylase, dan enzim lipase.
b) jejunum (usus kosong)
            jejunum adalah tempat pencernaan terakhir sebelum sari-sari makanan diserap. Dinding halus menghasilkan getah usus yang mengadung lendir dan berbagai enzim, yaitu enzim erepsin, enzim lipase, dan enzim enterkinase.
c) ileum (usus penyerap)
            ileum adalah bagian usus halus yang terakhir. Di sini terjadi proses penyerapan sari makanan (absorpsi) oleh jongot usus (vili) pada dinding ileum.

No comments:

Post a Comment