Friday, July 10, 2020

Mengetahui tentang Klampis Ireng, di Kabupaten Ponorogo Jawa Timur

Mengetahui tentang Klampis Ireng, di Kabupaten Ponorogo Jawa Timur

(Sumber:__.2010. Z-MAGZ Edisi II. Ponorogo: Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ponorogo.)
            Klampis Ireng adalah tempat yang terkenal angker. Akan tetapi, tempat tersebut berada di tengah-tengah sawah dan temaptnya begitu terpencil di Desa GanduKepuh, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo. Menurut penduduk sekitar, Semar Kyai Lurah Badranaya, Gareng, Petruk, Bagong, Togog, semauanya itu yang menunggu di tempat Klampis Ireng. Tempat itu sebenarnya adalah sebuah keraton yang sangat besar dan seperti kehidupan manusia yang tak pernah sepi. Akan tetapi, tempat itu sangat kasat mata jika dilihat mata normal. Mungkin, hanya penunggu dan beberapa orang yang mampu melihat keadaan tempat itu sebenarnya. Tempat Klampis Ireng itu adalah suatu Padepokan untuk memuja roh halus. Tempat utama untuk memuja adalah paseban keraton tersebut. Konon, Semua orang yang mempunyai sesuatu hajat yang baik, setelah datang serta menyanggupi syaratnya dan apa saja menjadi hajat kita. Malamnya, apa yang menjadi hajat dapat terlaksana. Akan tetapi, jika hajat itu adalah hajat yang buruk. Maka, kemungkinan akan kembali kepada yang meminta. Hajat yang diinginkan tidak terkabul.
            Banyak sekali, mitos yang tidak pernah tahu kebenarannya. Banyak cerita masyarakat setempat, jika kita mengambil kayu yang ada pada tempat ini. Tanpa seizing juru kunci, pada malam harinya. Kayu itu berubah menjadi kaki manusia dan meninta agar dikembalikan ke tempat asalnya.
            Mungkin, masih banyak mitos yang diceritakan dari mulut ke mulut oleh masyarakat. Tapi memang ada sebuah realita yang sempat terjadi di tempat tersebut. Saat itu, tim uji nyali dari sebuah stasiun Televisi. Data akna menyalakan alat untuk shooting, salah satu kamera yang digunakan meledak. Dan akhirnya, bukan Klampis Ireng yang digunakan tempat uji nyali, akan tetapi tempat lain yang berbeda.
            Tempat tersebut, sebenarnya bukan tempat menakutkan. Sebenarnya, tempat keraton kasat mata itu, antara kita percaya dan tidak percaya. Tapi, tetaplah pada pendirian kita sendiri. Klampis Ireng sekarang telah terungkap misterinya. Jadi, jangan terbawa oleh mitos dari Klampis Ireng, sebelum tahu asal usulnya. Dan manusia seharusnya meminta segala sesuatu pada Tuhan Yang Maha Kuasa, jangan meminta kepada makhluk gaib.

No comments:

Post a Comment